Bagaimana Mengetahui Apakah Pada Sebuah KomputerTerpasang Keylogger

Mungkin tidak semua pengguna komputer antipati terhadap serangan virus atau keylogger (alat perekam) pada sebuah komputer miliknya (hal itu bisa terjadi karena umumnya mereka tidak tahu ) lalu apa bahayanya? Bagi anda yang tidak terlalu banyak bertransaksi melalui komputer secara online mungkin tidak terlalu berbahaya, terlebih jika seseorang browsing hanya sekedar baca-baca, download, chatting, facebookan dll, sehinga jika sewaktu-waktu akun facebook kena hack (dirusak) tinggal bikin lagi, mudah kan ?

Tapi bagi mereka yang menggunakan komputer, internet, facebook sebagai media berbisnis  tentu saja adanya keylogger di komputer sangat berbahaya, karena sekecil apapun yang kita lakukan akan diketahui oleh pemasang keylogger di komputer kita, salah satu contoh email dan pasword kita akan tersadap secara otomatis, mungkin kalau hanya email yang tidak begitu penting tidak jadi masalah. Bagaimana jika pasword rekening online kita seperti paypal, liberty, alertpay, klik BCA serta akun bisnis online lainnya pindah tangan, secara materi sudah pasti kita rugi.

Lalu bagaimana mengetahui seseorang menanam keylogger di komputer kita ?

ada beberapa cara, pertama di instal secara langsung di komputer kita oleh pelaku, kedua bisa secara online misalnya anda download software tertentu yang tidak anda ketahui fungsi software tersebut,ketiga menanamkan sebuah script atau program berbahaya lainnya seperti virus, adware, malwre, spyware dll, sebagai alat pelacak dikomputer kita dan bisanya menginfeksi computer pada saat anda terkoneksi ke internet.

Nah sekarang bagaimana cara mengetahui ada keylogger di komputer kita ?

cara mengetahui program keylogger di komputer atau PC? saya akan mencoba berbagi untuk anda cara sederhana mengetahui keylogger di komputer atau PC anda.

Ikuti langkah berikut :

1.  Buka command prompt. Caranya klik start >> pilih all program >> ke        accessories >> pilih command prompt

2. Kemudian ketik dir lalu tekan enter (lihat gambar)

Gambar. 1

3. Setelah selesai akan muncul keluar  di command prompt (terlebih dulu anda catat angkanya di kertas agar tidak  lupa). (Lihat gambar 2)

Gambar 2

4. Sekarang Buka program notepad (caranya klik start > all program > assesories > pilih notepad lalu anda mengeketik sembarangan di notepad (agak banyak tapi jangan di save )

Kemudian Ulangi langkah 1 s/d 3 sebanyak 5 kali,  (ketik dir ) jika anda melihat angka itu berubah berarti dikomputer anda ada keylogger, kalau anda merasa tidak menginstal program tertentu atau ada orang lain menginstal keylogger dikomputer anda, bisa jadi berupa program berbahaya jenis lain telah menyerang komputer anda secara online seperti virus, malware, spyware dll dan fungsinya tidak jauh beda dengan keylogger (mematai-matai anda).

Nah sekarang anda sudah tahu bagaimana cara mengetahui keylogger dikomputer dan cara ini termasuk cara yang simple mengetahui program berbahaya di komputer kita.

Berikut cara sederhana yang bisa anda terapkan agar terhindar dari KeyLogger.

Kita bisa menggunakan virtual keyboard,  salah satu fitur bawaan Windows,  yaitu On-Screen Keyboard,  software ini berguna untuk menghindari adanya log file yang kita ketikkan melalui keyboard secara langsung. Jadi, software ini berguna sebagai keyboard virtual. Pemakaiannya pun sangat mudah, kita tinggal mengklik tombol-tombol huruf atau angka dengan menggunakan mouse.

Untuk menggunakan fitur On-Screen Keyboard pada Windows XP, berada di Start > All Programs > Accessories > Accessibility > On-Screen Keyboard.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: